Friday, January 31, 2014

Gathering AVC Bandung 26 Jan 2014 - Tentang Scale

Selamat malam teman teman, maaf nih, karena begitu banyak kesibukan, baru sempet update lagi infonya sekarang. Ada banyak hal yang terjadi, salah satunya agenda untuk ikut dalam acara pemecahan rekor muri, yang akan dilakukan besok, hari sabtu tanggal 1 Februari 2014 di Festival CityLink Bandung, pk, 16:00. Akan ada usaha memecahkan rekor muri untuk kategori pemain string dan penari etnik terbanyak. Acara ini diselenggarakan antara lain oleh Festival City Link, Yayasan Rong Hua (Sekolah Music Swara Moriska) dan juga Sanggar Seni dan tari Barboovie.

Buat temen temen yang di bandung, nonton ya. ^_^

Ok, jadi kita kembali ke acara gathering tgl 26 kemarin, kita membahas tentang tema yang sangat Classic sekali, yaitu tangga nada, setelah sebelumnya tentu saja kita lakukan warming up dengan memainkan tangga nada. ^_^ Tangga nada ini penting sekali dipelajari dalam kita belajar biola, karena tangga nada merupakan hal yang paling dasar dari bermain biola. Jadi ketika kita belajar biola, ini adalah hal yang harus benar benar kita pahami.

Dari pembahasan kemarin kita dapat simpulkan bahwa tangga nada itu ada 2 jenis yaitu:
1. Tangga Nada Diatonis
2. Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang biasa kita gunakan, yang terdiri dari 7 nada (C-D-E-F-G-A-B-C) itu yang disebut tangga nada diatonis. Nah tangga nada diatonis ini sendiripun ternyata masih dibagi lagi lho. Ada tangga nada Major dan Minor. Kemarin kita juga praktekkan memainkan kedua jenis tangga nada ini.

Tangga nada major dan minor ini punya keunikan di karakternya ketika dimainkan, yaitu apabila kita memainkan tangga nada major itu suaranya terdengar seperti lebih riang, sedangkan minor seperti lebih melow gimana begitu. ^_^

Nah kemudian Buat tangga nada pentatonis, ini biasanya untuk tangga nada music etnik. Misal music sunda, atau juga music mandarin, itu juga pake tangga nada pentatonis ini. Disebut pentatonis karena tangga nadanya hanya terdiri dari 5 nada. Untuk tangga nada sunda ini juga ada bermacam macam ternyata, ngga cuma satu macam, jadi kemarin kita praktekkan beberapa macam tangga nada sunda ini.

Pokoknya seru deh, setiap kali gathering selalu ada informasi baru yang kita dapat, ayo kita belajar bersama. ^_^

Itu aja dulu kali yang saya bagikan kali ini, selamat malam ya semua selamat belajar biola.
Sampai ketemu hari minggu di balai kota ya. ^_^

No comments:

Post a Comment