Monday, January 6, 2014

Gathering AVC Bandung 05 Januari 2014 - Sejarah Biola

Gathering AVC Bandung kali ini adalah gathering yang istimewa, mengapa? Karena ini adalah gathering pertama kita di tahun 2014 ini. Dan kali ini kita kembali membahas banyak hal mengenai sejarah dari alat music yang sangat kita gemari ini, yaitu biola.

Sebelumnya acara gathering diawali dengan pemanasan, kita belajar tangga nada. Tangga nada itu sangat penting dalam bermain biola. Kenapa? Karena dengan sering memainkan tangga nada, itu melatih kepekaan kita akan nada, dan juga sebagai pemanasan, sehingga kita sudah terbiasa terlebih dahulu baik dari posisi tangan memainkannya, maupun dengan suara masing masing nada.

Jadi pada saat gathering kita membahas mengenai sejarah alat music biola. Biola bukanlah alat music gesek pertama yang ada didunia ini. Biola ini dibuat berdasarkan alat music gesek lain yang sudah ada, salah satunya adalah alat music gesek dari persia yang bernama lyra, dan juga rebab.

Tidak ada catatan yang menyebutkan secara pasti, akan tetapi diperkirakan bahwa yang membuat biola pertama kali adalah Andrea Amati. Andrea amati lahir tahun 1505 dan meninggal 26 Desember 1577. Dia memiliki dua orang anak yaitu Antonia Amati & Girolamo Amati, kedua anaknya ini juga sama-sama memiliki keahlian yang luar biasa dalam membuat biola.

Nicola Amati
Andrea Amati juga memiliki seorang cucu yang bernama Nicola Amati, anak dari Girolamo Amati. Biola buatan dari Nicola Amati inilah yang bentuknya paling mirip dengan biola yang ada sampai saat ini. Dan karena Nicola Amati ini tidak mempunyai anak, maka dia mengangkat murid untuk melanjutkan pekerjaannya.

Nicola Amati mengangkat banyak murid, dan dia adalah yang pertama di keluarga Amati yang mengangkat orang diluar keluarga untuk menjadi murid. Salah seorang muridnya bernama Andrea Guaneri yang dikemudian hari mendirikan Guanery Famili of Violin Maker.
Sedangkan Antonio Stradivari tidak diketahui secara pasti apakah dia murid dari Nicola Amati atau bukan, akan tetapi salah satu dari biola buatannya yang bertahun 1666 bertuliskan "Alumnus Nicolai Amati, faciebat anno 1666".
Itu Sedikit membahas mengenai asal usul dari biola, dan juga beberapa keluarga besar pembuat biola. Begitu banyak sejarah dan cerita yang sangat menarik untuk dipelajari, yang dapat menambah wawasan kita, dalam mengenali lebih lanjut mengenai alat music biola ini.

Suasana ketika gathering, di gathering pertama kita untuk tahun 2014 ini, semua tetap antusias dan semangat mengikuti gathering. ^_^


AVC Bandung juga merencanakan ingin mengadakan konser kita yang pertama. Kita rencanakan untuk dapat dilaksanakan sekitar bulan maret Tahun 2014 ini. Mohon dukungannya ya teman-teman, doakan supaya semua bisa berjalan dengan lancar.

Ok, mungkin sekian dulu pembahasan tentang gath kali ini.
Sampai jumpa minggu depan ya. ^_^

No comments:

Post a Comment