Monday, December 9, 2013

Gathering 08 Des 2013: Sharing Seputar Bridge Biola.

Hallo teman-teman, pa kabar?
Kemarin kita AVC Bandung kembali gathering setiap hari minggu seperti biasa, dan kali ini kita membahas, sharing mengenai bridge. Walaupun sebelumnya sempat dibilang bahwa di beberapa daerah di bandung hujan lebat, akan tetapi untunglah di balai kota tidak ikut hujan.

Cuaa kali ini cukup mendukung, walau ada sedikit gerimis, akan tetapi itu tidak terlalu mengganggu jalannya sharing kita. Jadi kemarin kita bahas seputar bridge, yang jelas bridge dibuat dari kayu, kalau ngga salah kayu maple tuh bahan untuk bikin bridge.

Nah bridge ini sendiri pun ada berbagai macam jenis dan juga merk nya, sesuai dengan kualitasnya. Merk merk dari bridge biola yang cukup punya nama diantaranya Aubert, Despiau, dan banyak lagi yang lain. Untuk masing masing merk pun masih ada tingkatannya didalamnya. Jadi ternyata barang kecil yang namanya bridge ini sangat bervariasi juga ya.


Nah, diatas ada contoh gambar bridge, yang di kiri, itu bridge yang masih baru, belum di fitting up, bentuknya masih tinggi , dan juga masih belum dibentuk dan ketebalannya pun biasa masih cukup tebal. Yang di kanan itu setelah di fitting up.

Jadi untuk bridge biola ini, kita tidak bisa seperti senar, beli langsung dipasang, akan tetapi harus dilakukan fitting up terlebih dahulu oleh yang ahli dibidang ini (Luthier). Mengapa? karena bentuk bridge ini juga sangat berpengaruh ke suara yang dihasilkan oleh biola.

Jadi kalau temen temen mau ganti bridge, disarankan sebaiknya langsung ke luthier, karena kalo di coba coba sendiri, takutnya hasilnya tidak bagus. Kalo beli bridge murah sih ngga apa, kalo bridgenya mahal kan sayang ya. ^_^

Ok, segini dulu kira kira sharing kali ini soal bridge ya.
Buat temen temen yang tinggal di bandung, dan juga suka belajar biola, yuk datang ke gathering kami, AVC Bandung, setiap Hari minggu jam 13:30 di Balai Kota Bandung.

Ok, sampai minggu depan ya. ^_^

No comments:

Post a Comment