Sunday, December 1, 2013

Gathering 1 Des 2013, Macam-Macam Senar

Hari ini, minggu 1 Desember 2013, kita kembali gathering lagi. Walau cuaca agak mendung dan sore harinya turun hujan, akan tetapi, yang datang gath masih tetap banyak. Terima kasih buat semua teman teman yang sudah menyempatkan datang.

Hari ini, kita membahas mengenai salah satu bagian dari biola, yaitu senar. Pemateri kita kali ini adalah Bung Jerry. ^_^

Jadi ini sedikit saya ulas kembali beberapa point yang kita bahas tadi, Senar itu berdasarkan bahan untuk membuatnya dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Syntethic Core
  2. Guts Core
  3. Steel Core
Dari 3 macam itu, yang banyak ada di indonesia adalah antara steel atau syntethic. Karena untuk Guts Core kurang cocok buat iklim kita, dan lagi pula perawatan senar nya lebih susah dibanding 2 yang lain.
Kita juga tadi sudah melihat contoh contoh senar, baik syntethic core, maupun steel core.

Dan senar ini, ada berbagai merk, dan juga harganya bervariasi. Dan masing masing senar, itu mempunyai karakter suara yang berbeda beda. 

Untuk senar sebaiknya kalau bisa kita memakai 1 set dari satu seri, tidak dicampur, kenapa? karena kalo senar 1 set itu sudah dibalancing dari pabriknya, sehingga suara antar satu senar dan lainnya itu seimbang.

Tadi juga sempat ada sedikit demonstrasi dari bung jerry, mengenai bagaimana memasang senar yang baik. Pokoknya seru banget deh hari ini.

Berikut ini foto sesi hari ini:
Ok, mungkin itu dulu mengenai kegiatan AVC kali ini.
Sampai jumpa lagi minggu depan ya teman teman.
Selamat berlatih. ^_^

2 comments: