Sunday, November 24, 2013

Bagaimana Memilih Biola Yang Baik?

Bagaimana sih memilih biola yang baik itu?
Ini adalah tema yang kita angkat untuk Gathering AVC Bandung hari ini, minggu 24 November 2013.

Benarkah yang namanya biola itu harga makin mahal makin bagus? Secara umum pendapat ini bisa benar, karena bahan makin bagus, pembuatnya makin ahli, otomatis harga makin mahal, akan tetapi kita tidak bisa cuma berpatokan dari harga saja, karena kita juga harus tau biola yang bagus seperti apa, kalo tidak, kita bisa tertipu, membeli barang dengan harga yang salah.

Oleh sebab itu dari diskusi kita hari ini, kita simpulkan, kalo kita sebagai orang awam ingin membeli biola, hendaknya kita konsultasi dengan orang yang lebih mengerti, atau kita membeli dari sumber yang bisa dipercaya, yang mempunyai reputasi yang baik dalam hal menjual biola ini.

Dan yang namanya biola itu, luar biasanya, satu dengan yang lain, tidak ada yang mempunyai suara yang sama. Walaupun dibuat oleh orang yang sama, dari bahan kayu yang sama, tapi suara yang dihasilkan bisa berbeda, itu juga disarankan kalo mau membeli biola hendaknya sebaiknya kalo bisa dicoba terlebih dahulu, agar kita bisa tau, apakah suaranya cocok dengan keinginan kita atau tidak.

Jadi rupanya tidak mudah juga ya, memilih biola itu. ^_^

Kita juga membahas pada hari ini, apa saja sih yang mempengaruhi kualitas sebuah biola itu? Ternyata banyak yang mempengaruhi antara lain:

  1. Senar Biola.
    Karena senar yang digesek dan menghasilkan suara, tentu saja senar ini sangat berpengaruh dengan bagaimana suara yang dihasilkan oleh biola.
  2. Bridge.
    Bridge sebagai penghantar getaran dari senar ke body biola, ini juga berpengaruh terhadap suara biola. Apabila kita ingin suara biola kita lebih bright, maka bridge di set agak tipis, makin tipis bridge makin bright suaranya, akan tetapi juga hati hati, jangan terlalu tipis, karena bridge bisa patah. Hahahahaha.... ^_^
  3. Sound Post.
    Sound Post sebagai penghantar getaran dari lempeng depan biola ke lempeng belakang posisi dari soundpost ini juga menentukan akan suara yang dihasilkan oleh biola.
  4. Chin Rest
  5. Shoulder Rest
  6. Fine Tuner
Dan juga kita membahas juga mengenai perawatan biola, bagaimana sih merawat biola itu? dan kesimpulan kita, hal terbaik untuk menjaga kondisi biola kita adalah sering sering dimainkan, dan apabila sudah digunakan, ya dibersihkan, dari bekas rosin terutama yang menempel di senar dan finger board.

Ok, itu kurang lebih hasil diskusi kita hari ini tentang biola.
Selain diskusi kita juga hari ini belajar praktek bermain biola, cuaca hari ini kebetulan sangat mendukung, jadi asik lah. ^_^

Buat yang pengen gabung bersama kita AVC Bandung, minggu depan langsung datang saja ya, Jam 13:30 di balai kota bandung. Tempatnya di dekat Kolam Patung Badak.
CU There.

No comments:

Post a Comment